Berita

RSUD ODSK, Pertama di Dunia yang Terapkan Telemedicine Metaverse

Uji coba peralatan telemedicine metaverse di RSUD ODSK berlangsung sukses. Program tersebut merupakan kerja sama RSUD ODSK dengan Pusan National University Hospital (PNUH) Korea Selatan (Korsel). Tepat pada Rabu (28/9/2022), Telemedicine ini berhasil menghubungkan Puskesmas Kolongan, RSUD ODSK dan PNUH Korsel dengan menggunakan metaverse. Direktur RSUD ODSK dr. Enrico Rawung, MARS mengatakan, tim PNUH yang dipimpin Seo Seong Hyun terdiri dari 9 orang tenaga ahli dan melaksanakan instalasi, testing serta training di Puskesmas Kolongan pada Selasa (27/9/2022) kemarin.
 
“Hal yang sama mereka kerjakan di RSUD ODSK hari ini. Setelah instalasi, testing dan training, kami mencoba implementasi alat-alat ini dengan menghubungkan Puskesmas Kolongan, RSUD ODSK dan RS PNUH Korsel dan ternyata berhasil,” jelas direktur yang pernah meraih juara 1 eselon 3 terbaik tingkat Provinsi Sulawesi Utara di tahun 2012.Dengan konsep ini, RSUD ODSK akan dapat mengatasi masalah disparitas fasilitas pelayanan kesehatan, di mana puskesmas di pulau-pulau kecil dan terluar seperti Miangas dan Marore bisa dilayani dari RSUD ODSK.
 
Ini adalah terobosan baru dibidang kesehatan yang sanggup mengatasi masalah kesenjangan fasyankes di kota-kota besar dan pulau-pulau kecil dan daerah terpencil.Uji coba tersebut turut dilakukan oleh pakar teknologi telemedicine Korsel Yoon Seung Moon dan Lee Chung Hun dari IT Eyes sekaligus general director project bersama Seo Seong Hyun serta Kim Kwang Seok.
Scroll to Top